Selasa, 02 Januari 2018

Manajemen proyek


Assalamualaikum wr.wb
Hari ini saya akan memberitahu tentang Manajemen proyek dan prinsipnya. Nah kita langsung aja ya..
1) Pengertian
            Proyek adalah Rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan tujuan tertentu dalam waktu yang sudah ditentukan. Sedangkan Manajemen proyek adalah Kegiatan untuk memimpin atau mengendalikan kegiatan organisasi dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
2) Latar belakang
Proyek dibagi menjadi 5 macam yaitu
- Proyek konstruksi(pembangunan gedung)
- Proyek manufaktur(menghasilkan produk baru)
- Proyek penelitian dan pengembangan
- Proyek pelayanan manajemen(hasilnya laporan akhir)
- Proyek kapital(untuk investasi)
3) Maksud dan tujuan
a. Membantu menyusun proyek.
b. Menciptakan produk baru.
c. Mampu menetukan proyek yang akan dilakukan dalam kehidupan
d. Memberi contoh dan motivasi kepada orang lain.
4) Hasil yang di harapkan yaitu Kita semua dapat menentukan proyek apa saja yang akan kita lakukan di kehidupan ini.
5) Menurut George R.Terry prinsip umum manajemen proyek di rumuskan sebagai POAC.
    • Planning(Perencanaan)
Yaitu proses yang secara sistematis untuk mempersiapkan kegiatan guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu yang menjadi tanggung jawab Kontraktor(Pelaksana kegiatan) dan Konsultan(Pengawas kegiatan). Konsep planning haruslah tepat untuk mencapai tujuan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.
Hal-hal yang harus diperhatikan :
1. Permasalahan yang terkait dengan tujuan dan sumber daya yang ada.
2. Cara mencapai tujuan dengan memperhatikan sumber daya.
3. Penerjemahan planning ke dalam program kegiatan yang tepat.
4. Penetapan jangka waktu untuk mencapai tujuan.
    • Organizing(Pengorganisasian)
yaitu Kegiatan yang dilakuakan oleh sekelompok orang yang dipimpin oleh pemimpin dalam suatu wadah. Wadah ini digunakan untuk menggambarkan hubungan struktural dan fungsional yang diperlukan untuk menyalurkan tanggung jawab, sumber daya maupun data.
Fungsi Organisasi :
a) Menjamin terpeliharanya koordinasi dengan baik
b) Membantu pimpinan dalam menggerakan fungsi manajemen.
c) Mempersatukan pemikiran dari satuan organisasi yang lebih kecil yang berada di dalam koordinasinya. Koordinasi merupakan mekanisme hubungan struktural maupun fungsional yang berjalan secara konsisten. Macam koordinasi yaitu Koordinasi Vertikal, Horizontal, dan Diagonal.
    • Actuating(Penggerakan)
Untuk menggerakan orang yang tergabung dalam organisasi agar melakukan kegiatan yang telah ditetapkan dalam planning. Berikut beberapa metoda mensukseskan actuating yang dikemukakan oleh George R.Terry yaitu :
1. Hargailah Seseorang apapun tugasnya.
2. Instruksi pemimpin harus mempertimbangkan adanya perbedaan individual dari pegawainya.
3. Adanya pedoman kerja yang jelas, singkat mudah dilaksanaakan dan di fahami.
4. Lakukan praktek partisipasi guna menjalin kebersamaan
    • Controlling(Pengendalian)
Kegiatan guna menjamin pekerjaan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Ruang lingkup controlling yaitu :
a) Produk pekerjaan baik secara kualitatif maupun kuantitatif.
b) Sumber daya yang digunakan(manusia,uang,alat,bahan).
c) Prosedur dan cara kerjanya.
d) Kebijakan teknis yang diambil selama proses pencapaian sasaran.
Controlling harus bersifat obyektif dan harus dapat menemukan fakta-fakta tentang pelaksanaan pekerjaan di lapangan dan faktor yang mempengaruhinya.

6) Referensi
http://192.168.153.3/data/SOP%20K3%20%20Management%20Project/KONSEPSI%20MANAJEMEN%20PROYEK%20DI%20BIDANG%20IT.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar